Apakah Kambing Aqiqah Tidak Boleh Ditawar?

Hewan kambing merupakan salah satu syarat sah untuk melaksanakan ibadah sunnah aqiqah. Oleh sebab itu banyak orang tua yang mencari salah satu hewan tersebut untuk dijadikan aqiqah buah hati mereka yang baru lahir.

Selain untuk hewan aqiqah, kambing juga salah satu jenis hewan yang bisa untuk diqurbankan pada saat hari raya Idul Adha yang selalu dirayakan oleh seluruh umat Islam setiap satu tahun sekali. Selain kambing, jenis hewan qurban yang bisa digunakan yaitu sapi dan unta.

Ibadah aqiqah biasanya dilaksanakan pada saat bayi sudah berusia 7 hari, 14 hari atau bisa juga dilaksanakan pada saat usia 21 hari. Ketiga waktu tersebut merupakan waktu baik yang dianjurkan dalam melaksanakan ibadah aqiqah.

Namun ada orang tua yang diwaktu tersebut belum bisa melaksanakan aqiqah untuk anaknya dikarenakan belum punya biaya untuk melaksanakan aqiqah. Sebetulnya aqiqah tidak harus dilaksanakan pada waktu tersebut, bisa kapan saja asalkan kita sudah mampu.

Untuk jumlah hewan aqiqah juga harus sesuai dengan syaiat Islam, yaitu satu ekor untuk anak perempuan dan dua ekor untuk anak laki-laki. Untuk jenis kelamin hewan aqiqah pun bebas, bisa kambing jantan ataupun kambing betina yang penting kambing tersebut memasuki syarat sah hewan untuk aqiqah.

Untuk yang belum tau bagaimana ciri-ciri hewan kambing yang sudah bisa untuk aqiqah, berikut akan kami jelaskan dibawah ini:

  1. Hewan kambing sehat, dalam artian tidak kurus dan harus sesuai dengan umur kambing yang siap disembelih. Untuk kambing jawa minimal sekitar 1 tahun sedangkan kambing domba minimal sekitar 6 bulan
  2. Yang kedua ialah hewan kambing tidak mempunyai cacat ditubuhnya, maksud dari cacat tersebut adalah mata jernih, bersih dan tidak buta, kemudian jalan kambing tidak pincang, kulit dan bulu bersih dari luka maupun bekas luka

Apakah Kambing Aqiqah Tidak Boleh Ditawar?

Oke sekarang kita balik lagi membahas mengenai Apakah Kambing Aqiqah Tidak Boleh ditawar?

Seperti yang sudah kita semua ketahui Aqiqah sama halnya dengan Ibadah sunnah yang harus kita laksanakan, dan membeli hewan kambing aqiqah ialah bab muamalah, sama halnya dengan orang yang sedang melaksanakan ibadah haji.

Jadi mereka menunaikan haji ialah Ibadah, namun untuk urusan ongkos dan yang lainnya ialah urusan duniawi. Ongkos untuk haji bisa dalam jumlah banyak ataupun sedikit, intinya tergantung yang kita butuhkan.

Jadi kesimpulan dari penjelasan diatas adalah kita semua boleh saja menawar hewan kambing untuk dijadikan aqiqah karena kita membelinya di penjual, sebab hal tersebut bukan termasuk dengan ibadah. Dan yang merupakan ibadah adalah setelah kita membelinya dan kita niatkan menyembelihnya untuk Ibadah Aqiqah.

Sekian dari kami penjelasan mengenai “Apakah Kambing Aqiqah Tidak Boleh Ditawar?” semoga bermanfaat untuk kita semua.

Oiya untuk Ayah dan Bunda yang tak mau pusing dan ribet melaksanakan Aqiqah putra putrinya, Aqiqah Bekah siap membantu melaksanakan Ibadah aqiqah putra putri Ayah dan Bunda dengan mudah dan juga amanah.

Kami dari Aqiqah Berkah menyediakan jasa layanan aqiqah dan catering yang sudah dipercaya banyak masyarakat untuk melaksanakan ibadah aqiqah ataupun acara tasyakuran lainnya. Dengan menyediakan berbagai menu masakan yang tak kalah enak dan lezat serta harga yang pas dengan kantong.

Untuk informasi lebih lanjut bisa tanya-tanya dulu dinomer layananan Aqiqah Berkah dibawah ini:

Hubungi Kami
Sebelumnya
Selanjutnya